Saturday, January 23, 2010

DIROSAH HADITS X

Mari kita lanjutkan dengan hadits berikutnya

13- HADITS MUNQOTHI'

Hadits Munqothi' ialah hadits yang tidak disebutkan seorang rowi sebelum sahabat atau jelasnya ada rowi yang digugurkan dan rowi ini selain sahabat.Termasuk hadits Munqothi' juga ialah jika dalam sanadnya ada dua orang rowi yang letaknya berselang,maksudnya dua rowi sebelum sahabat itu tidak berdekatan/beriringan dalam rangkaian sanad.

14- HADITS MU'DHOL atau MU'ADHDHOL

Hadits Mu'dhol atau Mu'adhdhol ialah hadits yang dalam sanadnya tidak disebutkan dua orang atau tiga orang rowi yang berdekatan,maksudnya dua atau tiga rowi tersebut masing-masing sebelum sahabat itu tidak berselang dalam sanad hadits itu.

Catatan;

Oleh sebab sebuah hadits itu kadang-kadang mempunyai dua sanad atau lebih,maka adakalanya kalau ditilik dari sanad A misalnya,hadits itu jelas sebagai hadits mu'dhol,tetapi menurut sanad B sebagai hadits maushul,sebab semua rowinya diterangkan.Juga adakalanya menurut riwayat C suatu hadits itu dianggap sebagai hadits mauquf,tetapi menurut riwayat D sebagai hadits marfu' sebab sanadnya bersambung terus sampai kepada Nabi SAW.Hal-hal semacam ini seringkali terjadi.

Dengan adanyaberbagai sanad itu,para ulama ahli hadits adakalanya berselisih pendapat,kemudian masing-masing mentarjihkan yakni memenangkan salah satunya.misalnya saja kalau kita menemui kata-kata:"Imam Ahmad mentarjihkan rafa'nya",maksudnya suatu hadits yang diperselisihkan marfu' atau mauqufnya itu,dinyatakan lebih kuat marfu'nya oleh Imam ahmad,tetapi oleh imam lain bisa jadi ditarjihkan mauqufnya.

15-HADITS MU'AN'AN dan HADITS MUANNAN

Hadits Mu'an'an ialah hadits yang diriwayatkan dengan kata-kata "'An"atau "dari",dan tidak disebutkan kata-kata semacam haddatsanaa,akhbaronaa,sami'tu atau sami'naa.Sebagai satu-satunya syarat yang wajib dipenuhi oleh hadits ini ialah bahwa antara orang yang meriwayatkan dan orang yang menerima hadits itu bertemu secara langsung.

Adapun hadits Muannan ialah hadits yang diriwayatkan dengan menggunakan kata-kata "anna" atau "sesungguhnya",tetapi adakalanya diterjemahkan dengan kata-kata "bahwasannya".

Bersambung...




No comments: